Dita Dwi Utami 9.1 SMP Kartika II-2 Bandar Lampung

Jumat, 21 Oktober 2016

Air Terjun Batu Mentas

Air Terjun Batu Mentas

Tidak semua objek wisata di Pulau Bangka Belitung merupakan pantai. Di pulau ini juga terdapat wisata air terjun.

Air Terjun Batu Mentas berada di dusun Kelekak Datul, Kecamatan Badau. Tempat tersebut berlokasi sekitar 20 km dari pusat Kota Tanjung Pandan yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam.


Masyarakat setempat  menyebut tempat ini dengan sebutan yang dikenal dengan nama Batu Mentas. Maksud diberi nama Batu Mentas untuk kawasan air terjun Batu Mentas adalah kawasan di air terjun Batu Mentas tersebut tidak hanya air terjun saja yang menjadi andalan wisata di pulau Belitung ini, tetapi di wilayah tersebut juga terdapat tempat konservasi satwa dan flora endemic.

Contoh flora dan fauna yang ada di wilayah tersebut yakni, seperti rusa, pelanduk, tanaman Tarsius SP atau yang lebih dikenal dengan tumbuhan kantung semar, juga masih ada banyak lagi spesies flora dan fauna endemic di tempat tersebut.



Sungai yang berada di tempat tersebut dapat digunakan sebagai tempat berenang dengan arus air yang tenang sedalam kurang lebih 1 sampai 1,5 meter. Tetapi jangan terlalu lama berenang di tempat ini, sebab air sungai disana sangat dingin. Anda juga dapat menelusuri sungai dengan menggunakan kano, haiking, flyingfog, dll...

Bagaimana, tertarik berkunjung ke tempat tersebut?

0 comments:

Posting Komentar